Keuntungan Meminjam Dana di Platform Peer to Peer Lending

Bila Anda berencana untuk menjalankan sebuah usaha maupun melakukan ekspansi terhadap usaha Anda, tentu akan membutuhkan modal yang mungkin tidak sedikit. Mungkin benar apa yang beberapa orang sampaikan bahwa untuk memulai bisnis, seseorang harus berani mengeluarkan modal meskipun modal tersebut didapatkan dari meminjam dana pada bank, koperasi maupun Peer to Peer Lending.

 


Penjelasan Singkat Mengenai Peer to Peer Lending

 

Beberapa bisnis fintech menyadari ada banyaknya masyarakat yang ingin maju dan membuka usaha meskipun usaha tersebut dimulai dari bentuk usaha kecil. Karena itu hadir beberapa perusahaan P2P Lending yang membantu pengusaha mikro ini untuk membangun serta mengekspansi bisnisnya. Tidak hanya memberi modal, bahkan ada jasa P2P Lending yang turut serta memberi pelatihan bisnis.

 

Salah satunya adalah Amarta yang merupakan layanan Peer to Peer terbaik yang berbasis online. P2P Lending adalah sebuah media yang mempertemukan peminjam dengan pemberi dana. Berbeda dengan pinjaman bank atau koperasi dimana dana berasal dari perusahaan tersebut namun disini perusahaan P2P Lending hanya menjadi pihak yang mempertemukan peminjam dan pendana.

 

Ada ragam kemudahan yang ditawarkan dalam P2P Lending ini untuk kedua belah pihak. Selain persyaratannya yang cukup mudah, pengumpulan berkas dan sebagainya juga dapat dilakukan secara online. Jadi untuk pendana yang biasanya memiliki beragam kesibukan, tidak perlu meluangkan waktu khusus hanya untuk mengurus semua berkas dan dokumen pada P2P Lending ini.

 

Keuntungan P2P Lending untuk Peminjam

 

Sebagai salah satu pelopor P2P Lending di Indonesia, Amarta memberikan banyak manfaat bukan hanya pada pendana, namun juga pada peminjam yang kebanyakan berasal dari pedesaan yang tersebar di Indonesia. Jika biasanya peminjam hanya diberikan berbagai kemudahan di awal saat meminjam, disini peminjam mendapat ragam manfaat lain yang bisa diterapkan dalam kehidupan berbisnis.

 

Tidak sembarang pinjaman disetujui oleh perusahaan ini karena sebelumnya harus melalui credit scoring yang dilakukan dengan pendekatan machine learning. Di sini peminjam akan dinilai mulai dari kepribadian hingga usaha yang dijalaninya sehingga nanti ada nilai yang bisa menjadi gambaran kemungkinan gagal bayar ataupun keberhasilan pembayaran dari kredit yang dipinjam.

 

Setelah peminjam berhasil mendapatkan peminjaman maka akan ada pelatihan-pelatihan bisnis yang dilakukan oleh pihak Amarta agar pinjaman yang diberikan tidak menjadi sebuah kesia-siaan dan dapat membantu peminjam untuk mendapat taraf hidup yang lebih baik. Jika peminjam berhasil mengembalikan pinjaman sesuai waktu, maka akan diberikan referensi untuk meminjam dalam nominal yang lebih besar.

 

Meminjam modal untuk usaha memang harus dipikirkan dan diperhitungkan secara matang. Usaha tidak selalu mendatangkan untuk namun untuk mereka yang gigih tentu pada akhirnya akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. P2P Lending dapat menjadi solusi untuk mereka yang ingin usaha serta bimbingan dalam menjalankan usaha tersebut.

Post a Comment

0 Comments