Tips Dan Trik Dasar Dalam Bermain Tenis Meja Yang Mesti Anda Ketahui

Tenis meja adalah salah satunya cabang olahraga yang memakai bola kecil. Bila dalam kejuaraan, umumnya ada dua kelompok yang diperlombakan, yakni kelompok tunggal serta ganda. Untuk yang ganda sendiri dibagi jadi dua , yakni ganda putra / putri serta ganda kombinasi.

Sebelum kita dapat bermain di tempat kejuaraan, tentu saja kita harus cakap dahulu dalam permainan tenis meja. Untuk mempertajam hal itu, berikut ada banyak tehnik fundamen tenis meja yang perlu kita kuasai terlebih dulu selain itu yang perlu diperhatikan adalah karet bet tenis meja yang sudah bagus agar menunjang dalam bermain tenis meja.



1. Tehnik Grip ( Langkah menggenggam bet ) Menggenggam bet dengan benar dan baik salah satu tehnik yang perlu dikendalikan dan adalah salah satunya unsur yang penting saat kita ingin bermain tenis meja. Pada dasarnya langkah atau tehnik menggenggam bet dubedakan jadi dua jenis yakni.

a. Tehnik Shakehand Grip ( Menggenggam bet seperti sedang berjabatan tangan ) Shakehand Grip adalah tehnik menggenggam bet yang benar-benar terkenal, terutamanya di sejumlah negara Eropa. Dengan memakai tehnik ini, seorang pemain dapat memakai ke-2 bagian bet untuk bermain.

b. Tehnik Penhold Grip ( Menggenggam bet seperti sedang menggenggam batang pena ) Penhold Grip atau yang lebih diketahui dengan Asia Grip. Walau sebenarnya beberapa pemain Asia makin banyak memakai tenik shakehand grip daripada tehnik penhold grip.

Sebab tehnik yang satu ini cuma dapat memakai salah satunya bagian bet saat bermain.

c. Seemiller Grip ( Peningkatan dari Shakehand grip ) Seemiller Grip atau yang juga dikenal dengan American Grip, adalah tehnik yang berakar dari Shakehands Grip. Langkah menggenggamnya juga hampir serupa dengan shakehand grip.

Perbedaannya, bila pada tehnik seemiller grip, bet sisi atas diputar dari mulai 20-90 derajat mengarah badan, sedang jari telunjuknya melekat di semua sisi bet.

Kelebihan dari tehnik seemiller grip ialah, kita dapat lebih gampang untuk lakukan blok, lebih gampang untuk kuasai permainan, lebih gampang mengubah bagian bet saat permaianan sedang berjalan, dan pergelangan tangan lebih gampang untuk digerakkan saat akan lakukan pukulan forehand.

Kekurangan dari tehnik seemiller grip ini ialah susah untuk lakukan pukulan backhand yang cukup jauh dari meja, susah untuk lakukan pukulan pojok, dan kurang efisien untuk skema bertahan.

2. Tehnik Stance ( Siap-siap sedia ) Stance adalah tehnik dalam tempatkan urutan kaki, tangan serta tubuh saat sedang menanti bola atau tulis sedang memukul bola. Ada dua jenis tehnik stance yang biasa dipakai dalam permainan tenis meja.

a. Square Stance Square Stance adalah tehnik positioning, yang mana urutan tubuh menghadap penuh mengarah meja. Urutan semacam ini umumnya seringkali dikerjakan saat akan terima servis dari musuh atau urutan siap kembali setelah kembalikan pukulan musuh.

BACA 6 Tehnik Fundamen Bola Basket yang Harus Kamu KetahuiTeknik ini cukup gampang untuk dikerjakan, cukup dengan menggerakan kaki satu langkah ke kiri, kanan, depan, belakang atau diagonal, dinyatakan kita dapat kembalikan tiap bola yang musuh tujukan ke kita, tetapi dengan catatan kita harus giat berlatih.

b. Side Stance Side Stance adalah tehnik positioning, yang mana urutan tubuh menyamping, baik itu ke samping kiri atau ke kanan. Pada tehnik side stance, jarak salah satunya pundak kita denagn meja atau net harus lebih dekat.

Misalnya saat lakukan pukulan forehand untuk pemain tangan kiri ( kidal ) , pundak kiri harus lebih dekat sama net, begitu halnya kaki kirinya. Begitu halnya sebaliknya.

Post a Comment

0 Comments