Tanah Lot Bali - Gambar, Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Rute Menuju Lokasi

Tanah Lot Bali - Liburan atau berwisata ke Pulau Bali merupakan harapan banyak orang. Banyak orang yang menghabiskan waktu liburnya dengan berwisata ke Pulau Bali dengan berbekal uang tabungan yang telah mereka kumpulkan sebelumnya.
Foto : wisatatok.blogspot.com
Jika kau bertanya-tanya destinasi mana yang terbaik untuk melihat sunset di Bali, maka banyak pilihan destinasi yang sanggup kau pilih, hal tersebut dikarenakan Bali dikelilingi oleh lautan.

Namun, jikalau kau menginginkan destinasi wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata religi yang tersedia dalam satu kawasan, maka Tanah Lot Bali ialah pilihan yang tepat.

Apa Itu Tanah Lot Bali ?

Tanah Lot merupakan wisata pantai yang terdapat pulau kecil di tengahnya, pulau itu sendiri merupakan tempat berdirinya Pura yang biasa digunakan untuk sembahyang pemeluk agama Hindu di Bali.

Tanah Lot ialah salah satu obyek wisata yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung atau berwisata di Pulau Dewata ini. Dengan kearifan lokal budaya warga setempat yang ramah dan menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Toleransi antar umat beragama yang sangat besar dan di tonjolkan di Tanah Lot.
Foto : mediaindonesia.com
Kawasan wisata Tanah Lot Bali terdapat banyak penjual souvenir dan makanan-makanan khas Pulau Dewata Bali. Pura Tanah Lot Bali merupakan salah satu Pura Kayangan Jagat yang sangat disucikan oleh umat Hindu.

Di sini ada dua Pura yang terletak diatas kerikil besar, satu terletak di atas bongkahan kerikil dan yang satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Pura yang berada di tengah bahari ini memang paling menarik dan menjadi ikon dari tempat wisata ini, sayangnya tidak sembarang orang sanggup memasuki Pura alasannya ialah Pura tersebut dikhususkan untuk mereka yang memang ingin berdoa dan sembahyang.

Sejarah Tanah Lot

Sebelum mengetahui apa daya tarik dari objek wisata Tanah Lot Bali ini, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah singkat dari tempat ini.
Foto : pegipegi.com
Sejarah Pura Tanah Lot Bali menurut legenda, dikisahkan pada era ke-15, Bhagawan Dhang Hyang Niratha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melaksanakan misi penyebaran agama Hindu dari Pulau Jawa ke Pulau Bali.

Pada ketika itu yang berkuasa di Pulau Bali ialah Raja Dalem Waturenggong. Beliau sangat menyambut baik kedatangan dari Dang Hyang Niratha dalam menjalankan misinya, sehingga penyebaran agama Hindu berhasil hingga ke pelosok-pelosok desa yang ada di Pulau Bali.

Dalam sejarah Tanah Lot, dikisahkan Dang Hyang Niratha, melihat sinar suci dari arah bahari selatan Bali. Maka Dang Hyang Niratha mencari lokasi dari sinar tersebut, dan tibalah ia di sebuah pantai di desa yang berjulukan Desa Beraban Tabanan.

Pada ketika itu Desa Baraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang aliran dari Dang Hyang Niratha dalam membuatkan agama Hindu. Bendesa Beraban Sakti menganut aliran "monotheisme".

Dang Hyang Niratha melaksanakan meditasi di atas kerikil karang yang mirip bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan. Dengan aneka macam cara Bendesa Beraban ingin mengusir keberadaan Dang Hyang Niratha dari tempat meditasinya.

Menurut sejarah Tanah Lot menurut legenda Dang Hyang Niratha memindahkan kerikil karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang artinya kerikil karang yang berada di tengah lautan.

Semenjak kejadian itu Bendesa Beraban Sakti mengakui kesaktian yang dimiliki Dang Hyang Niratha dengan menjadi pengikutnya untuk memeluk agama Hindu bersama dengan seluruh penduduk setempat.
Foto : pikniek.com
Dikisahkan di sejarah Tanah Lot, sebelum meninggalkan Desa Beraban, Dang Hyang Niratha menawarkan sebuah keris kepada Bendesan Beraban. Keris tersebut mempunyai kekuatan untuk menghilangkan segala penyakit yang menyerang tanaman.

Keris tersebut disimpan di Puri Kediri dan dibuatkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan sekali. Semenjak hal ini rutin dilakukan oleh penduduk Desa Beraban, kesejahteraan penduduk sangat meningkat pesat dengan hasil panen pertanian yang melimpah dan mereka hidup dengan saling menghormati.

Ular Suci Tanah Lot & Mitos

Keunikan dari Tanah Lot ialah terkait dengan mitos dari masyarakat setempat wacana "ular suci" yang berada di Pura Tanah Lot. Ular suci Tanah Lot dipercaya sebagai penjaga dan penyelamat dari Pura Tanah Lot terhadap serangan-serangan jahat yang mengganggu kesucian Pura.
Foto : id.baliglory.com
Jenis ular itu dari bahasa latin berjulukan "Bungarus Candidus", ular bahari yang sangat berbisa dan berbahaya. Pada tubuhnya mempunyai warna hitam dan putih melingkar.

Ular suci ini akan menyerang siapa saja yang ingin berbuat jahat dan ingin merusak keberadaan dan kesucian Pura Tanah Lot. Tetapi meskipun begitu, ular ini akan tetap membisu dan hening di dalam goa yang terdapat di sudut karang yang ada di bersahabat Pura Tanah Lot.

Pengunjung pun sanggup menyentuh dan mengelus-elus ular suci ini tanpa khawatir akan serangan balik dari ular ini dan tentu saja pengunjung akan ditemani oleh seseorang yang mengerti akan huruf dari ular suci ini.

Masyarakat setempat juga mempercayai dengan menyentuh ular suci ini sambil berdoa, maka apa yang kita inginkan akan terkabulkan. (Sebuah mitos yang boleh dipercaya atau tidak)

Daya Tarik Tanah Lot Bali

Foto : infoobjek.wordpress.com
Tanah Lot Bali populer sebagai tempat wisata yang lengkap dan indah. Wisata Tanah Lot ini keberadaannya sudah dikenal hingga mancanegara. Setiap harinya ribuan pengunjung mendatangi tempat wisata ini dari seluruh penjuru baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Semua pemandangan dari utara, timur, barat, dan selatan di Tanah Lot sangat menarik. Tanah Lot menjadi salah satu obyek wisata terbaik di Pulau Bali serta salah satu tempat wisata favorit untuk menikmati keindahan sunset di Pulau Dewata.
Foto : transportwisatabali.com
Banyak turis/wisatawan mencari informasi mengenai jam berapa sunset di Tanah Lot. Untuk sanggup menikmati keindahan Pura Tanah Lot Bali dengan pemandangan sunset view yang keren, direkomendasikan mengunjungi Tanah Lot pada senja atau sore hari dengan cuaca yang cerah.

Dari sekitar pukul 16.00 WITA hingga pukul 19.00 WITA ialah waktu yang terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot, alasannya ialah pada jam-jam itu dengan cuaca yang cerah pengunjung sanggup menikmati keindahan sunset/matahari terbenam yang spektakuler.
Foto : kintamani.id
Selain itu, pengunjung juga sanggup berjalan-jalan dan berada bersahabat dengan kerikil karang dari areal Pura pada ketika air bahari surut. Tetapi sangat berbahaya dan tidak dianjurkan melaksanakan hal itu pada ketika air bahari pasang.

Tempat wisata Tanah Lot Bali juga sangat cocok dijadikan sebagai liburan keluarga, dalam daerah ini juga terdapat kemudahan yang memadai mirip hotel, restoran, sunset teras, Tanah Lot cultural park, toko souvenir, tempat parkir yang luas, kemudahan emergency, kemudahan keamanan (security), toilet, tempat bersantai dan juga sentra informasi.

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Memasuki daerah wisata Pura Tanah Lot Bali diwajibkan untuk membayar tiket masuk berkunjung. Adapun tiket masuk terbagi dalam 2 kelas tiket yang berbeda, tiket masuk untuk wisatawan domestik dan untuk wisatawan asing. Selain harga tiket masuk untuk bawah umur (setengah dari harga dewasa) kau juga harus membayar biaya parkir kendaraan.

√ Harga Tiket Masuk ( Domestik )
  • Dewasa : Rp 20.000/orang
  • Anak² : Rp 10.000/orang
√ Harga Tiket Masuk ( Mancanegara )
  • Dewasa/adult : Rp 60.000/orang
  • Anak²/child : Rp 30.000/orang
√ Tiket Parkir Kendaraan
  • Motor : Rp 2.000
  • Mobil : Rp 5.000
  • Bus     : Rp 10.000
Harga tiket masuk dan biaya parkir sanggup berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola daerah wisata Tanah Lot Bali

Alamat Lokasi Tanah Lot Bali

  • Jalan Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.
  • 18 Km dari sentra Kota Denpasar
  • 27 Km dari Bandara Internasional Ngurah Rai
  • 21 Km dari Pantai Kuta Bali
  • 39 Km dari Pantai Pandawa
  • 25 Km dari Pantai Sanur

Peta & Rute Menuju Tanah Lot Bali

Post a Comment

0 Comments