Tuning Pakai Aplikasi Guitar Tuna

Ada berapa banyak sih temen temen di sini yang jadi musisi? Atau temen temen yang sekedar dapat main alat musik? Pastinya mimin yakin banyak deh. Kalau emang temen temen disini pada dapat main alat musik, baik sekedar dapat ataupun yang udah andal niscaya pada punya alat untuk menyetem atau meng "Tune" alat musik. Enggak usah jauh jauh deh, ya minimal punyalah alat Tuner buat gitar. Biasanya sih bentuknya kecil dapat dijepit ntuh di headnya gitar, terus tinggal nyalain, bunyiin, sesuain deh nadanya. Enggak pake ribet kan ya? Terus kalo tunernya gimana dong min? Sayah nyetemnya pake apaah??? Nah kalian kan pada punya handphone kan tuh, buat yang handphonenya Android cari dah di Playstore yang namanya "Guitar Tuna". Tuning Gitar Bisa Pakai Aplikasi Guitar Tuna, jadi enggak usah galau kalo tuner manual ketinggalan, tinggal cari daerah yang engga bising, jadi deh dapat ngetune gitar kalian.

1. Tampilan 

 Ada berapa banyak sih temen temen di sini yang jadi musisi Tuning Pakai Aplikasi Guitar Tuna

Tampilan Guitar Tuna ini terbilang simpel dan penempatan menunya juga pas. Penempatan hidangan dibawah cukup memudahkan jari untuk mencapainya. Tampilan gitar sederhana dan nadanya membantu banget buat kaum yang masih awam untuk menyesuaikan nada (Proses Tuning). Proses Tuning dapat pribadi membunyikan alat musik yang kita punya. Sebagai teladan dengan membunyikan senar pada kita, aplikasi Guitar Tuna ini akan mendeteksi nada yang dihasilkan gitar.

2. Kategori

 Ada berapa banyak sih temen temen di sini yang jadi musisi Tuning Pakai Aplikasi Guitar Tuna

Selain mempunyai tampilan yang simpel, Aplikasi Guitar Tuna ini juga mempunyai kategori yang cukup lengkap. Kategori disini yang mimin maksud yaitu kategori alat musik yang disuport Guitar Tuna untuk dapat di Tune. Diantaranya yaitu ada Gitar, Ukulele / Cavaquinho, Bass untuk senar 4 & 5, Gitar dengan jumlah senar 7 dan 12, beberapa jenis violin / biola, dan yang terakhir yaitu alat musik Folk menyerupai mandolin, dan banjo juga dapat di Tune lewat aplikasi Guitar Tuna ini. 

3. Membantu Latihan

 

Menu tools terbagi menjadi dua submenu, yaitu:

  • Metronome 
    Metronome yaitu suatu ukuran untuk mengatur tempo, dimana dinyatakan dalam angka yang umumnya dipakai latihan tahap awal mulai dari 60 hingga 120. Metronome ini merupakan alat bantu latihan berupa ketukan yang diwujudkan dalam bentuk bunyi dan dapat diubahsuaikan kecepatannya. Metronome sangat penting bagi pemula supaya permainan alat musik berada dalam irama yang pas. Sehingga bagi pemain musik yang masih pemula, dianjurkan supaya latihan dimulai dengan tempo yang paling pelan dahulu. Disini aku merekomendasikan dari 60.
  • Chord Library
    Chord Library ini berisi wacana perbendaharaan chord atau akord dasar hingga sedikit advance. Chord Libary sebagai teladan dimulai dengan pengetahuan chord C yang divisualisasikan dengan gambar sehingga gampang untuk dipraktekkan. Bentuk chord yang ada di chord library ini mulai dari mayor, minor, dominant, seven(7), mayor7, minor7, sus4, add9, sus2, 7sus4, 7#9, dan yang terakhir yaitu nineth(9). 
Kedua submenu ini yaitu tools yang mungkin paling diharapkan bagi anda yang ingin mencar ilmu musik atau mencar ilmu gitar. Apabila kalian lupa bagaimana bentuk dari chord C mayor, maka tinggal buka chord library. Kemudian kalau anda ingin mulai memainkan sebuah lagu, aktifkanlah metronome supaya tempo kalian selalu terjaga. 


4. Games

 Ada berapa banyak sih temen temen di sini yang jadi musisi Tuning Pakai Aplikasi Guitar Tuna

Untuk melatih kepekaan terhadap nada dan ingatan kita terhadap chord, Aplikasi Guitar Tuna menyediakan aneka macam macam games. Tetapi game ini yaitu in app purchase, sehingga kalian perlu membeli game ini supaya dapat dimainkan di handphone kalian. 

Demikianlah pengalaman mimin memakai Aplikasi Guitar Tuna yang dapat dibagikan. Semoga sobat sahabat yang tertarik mencar ilmu musik jadi lebih semangat ya. Oh iya, kalau ada aplikasi elok lainnya yang kalian suka jangan lupa perhiasan dikolom komentar ya sobat teman. 

Salam Teknologi!

Post a Comment

0 Comments