Seputar 5G, Indonesia Kapan Penerapannya?

Berbicara wacana jaringan 5G, tentunya bagi para pecinta dunia Informasi dan Teknologi akan pribadi teringat dengan Huawei yang menciptakan dan sudah menerapkan Jaringan 5G di China. Terlepas dari semua drama yang mendera Huawei terkait "Trade War" dengan Amerika Serikat, berkat Huaweilah kini China yakni negara yang paling duluan menerapkan jaringan 5G di dunia. Ini yakni suatu hal yang patut diapresiasi, mengingat China yakni negara Asia, tetapi mempunyai kemajuan teknologi yang luar biasa khususnya dalam mengembangkan jaringan 5G. Dengan penerapan jaringan 5G ini, tentunya dari kecepatan Internet, seharusnya China menjadi negara yang mempunyai kecepatan Internet yang paling ngebut dikala ini. Jika China sudah mulai menerapkan 5G, maka Indonesia kapan akan memulainya? 

 tentunya bagi para pecinta dunia Informasi dan Teknologi akan pribadi teringat dengan Hu Seputar 5G, Indonesia Kapan Penerapannya?


A. Pengertian 5G

Sebelum lebih jauh membahas wacana 5G, ada baiknya kita mengenal apa itu 5G. Berdasarkan pengertian yang ada di Wikipedia 5G yakni sebuah teknologi nirkabel (tanpa kabel) untuk jaringan seluler digital yang sudah mulai dikembangkan semenjak tahun 2019. Seperti standar yang sudah diterapkan sebelumnya, area yang dinaungi dibagi menjadi wilayah yang disebut "Sel". Setiap sel akan dibekali satu antena. Hampir setiap negara, penyedia layanan telekomunikasi sudah mengembangkan antena untuk menyebarkannya Jaringan 5G ini. Spektrum frekuensi 5G dibagi menjadi dua gelombang milimeter, yaitu Mid Band dan Low Band. Band rendah (Low Band) memakai jangkauan frekuensi yang sama dengan pendahulunya, yaitu 4G.

B. Infrastruktur

Tidak sanggup dipungkiri, faktor faktor yang menjadikan Indonesia masih belum sanggup menerapkan jaringan 5G ini yakni belum adanya infrastruktur pendukung jaringan 5G yang memadai. Hal ini terbukti ketika kita masih pertama kali menerapkan jaringan 4G, tempat jangkauan 4G ini masih belum sempurna. Hal ini dikarenakan infrastruktur masih belum merata. Apalagi tempat daerah pelosok yang sulit dijangkau otomatis pemasangan infrastruktur akan lebih lama. Bahkan hingga sekarangpun masih banyak tempat yang belum tercover jaringan 4G. Melihat kenyataan ini, tampaknya akan butuh waktu usang bagi kita untuk segera merasakan bagaimana kualitas dari jaringan 5G ini.

C. Device Handphone

Tahun 2019 sudah dimulai dengan Huawei yang telah mempersiapkan kebutuhan 5G dengan menciptakan peralatan teknologi untuk mendukung 5G. Nah, ketika jaringan 5Gnya telah siap, kini faktor penting lainnya yakni "Device"nya. Tahun 2020 ini sudah beberapa perusahaan smartphone mulai memperkenalkan produk handphone 5G nya ke publik. Perusahaan tersebut rata rata masih memperkenalkan produk handphone 5G terbarunya sebatas intern negara mereka sendiri. Itu berarti stok handphone 5G masih belum beredar luas di pasaran. Selain faktor stok / ketersediaan, sudah niscaya faktor harga akan menjadi penghambat orang orang untuk segera ke handphone 5G. Harga handphone 5G yang masih selangit menjadikan orang akan berpikir dua kali sebelum membeli handphone yang sudah 5G. Hal ini dikarenakan penggunaan handphone 4G berdasarkan mereka masih sangat optimal. Apalagi jikalau di Indonesia jaringan 4G juga masih sanggup diandalkan. 

Bisa dikatakan kebutuhan handphone 5G masih belum terlalu perlu, mungkin yang perlu dimaksimalkan yakni kestabilitas bandwith internet. Karena meskipun jaringan sudah 5G tetapi handphone juga sudah mendukung 5G tetapi jaringan tidak stabil dan area jangkauan terbatas juga tidak akan maksimal.  

D. Uji Coba

Pada media media online, terdengar kabar baik jikalau ISP (Internet Service Provider) yang ada di Indonesia sudah mulai melaksanakan uji coba jaringan 5G. Meskipun hanya sekedar uji coba, ini menunjukkan bahwa penyedia layanan telekomunikasi Indonesia sudah siap menyambut jaringan 5G. Sehingga kepastian wacana masuknya abad gres jaringan 5G di Indonesia terjaga dengan baik.

Penutup

Sebagai seseorang yang aktif di dunia teknologi informasi, kedatangan jaringan 5G tentu banyak membawa imbas positif. Mungkin yang menjadi perhatian utamanya yakni penguatan infrastruktur jaringan di tempat daerah yang susah dijangkau. Jika infrastruktur jaringan sudah merata dan koneksi sudah stabil, maka sudah niscaya jaringan 5G akan maksimal pengoperasiannya. Pertanyaannya adalah, kapan penerapannya? Tentu saja kita harus menunggu kabar dari Kominfo lebih lanjut wacana kapan pelaksanaan 5G di Indonesia. 

Salam Teknologi!   


Post a Comment

0 Comments