Sangeh Bali Monkey Forest - Gambar, Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Peta Lokasi

Sangeh Bali Monkey Forest - Sangeh Monkey Forest ialah suatu tempat yang menjadi habitat hidupnya ratusan ekor monyet serta tempat yang sangat di sucikan bagi penduduk Bali.
Foto : baligateway.co.id
Sangeh ialah obyek wisata alam yang sangat direkomendasikan alasannya ialah merupakan destinasi wisata unik untuk melihat monyet-monyet lucu yang menggemaskan.

Bagi kau yang berencana untuk berlibur ke Sangeh Bali Monkey Forest, ada baiknya mengetahui sedikit isu mengenai tempat wisata ini. Berikut ialah isu wacana objek Taman Wisata Alam Sangeh Monkey Forest Bali.



Sejarah Sangeh Monkey Forest Bali

Kawasan wisata Sangeh Monkey Forest Bali ini dirintis pada tahun 1969, dan pada tahun 1971 taman wisata Sangeh ini dikembangkan sebagai tempat wisata alam secara profesional. Biaya pembangunan dari pengembangan tersebut didapatkan dari tiket masuk taman yang dikenakan sukarela.
Foto : biropariwisata.co.id
Selanjutnya, pada tanggal 1 Januari 1996 mulailah diberlakukan secara resmi mengenai Harga Tiket nya. Dengan dikeluarkannya Perda Taman Kanak-kanak II Badung no 20 tahun 1995 yang dikelola dengan baik sampai sekarang.

Area hutan tempat habitat para monyet ekor panjang yang cukup jinak ini di kenal dengan hutan homogen yang luasnya mencapai 10 hektar yang terdapat banyak pala. Selain itu, juga terdapat 54 jenis tumbuhan tanaman ibarat pule, amplas, buni, cempaka kuning, pohpoh, dan lain-lain.

Asal Usul Nama "Sangeh"

Menurut mitosnya, diyakini bahwa kayu-kayu atau hutan pala yang ada di Sangeh ini berasal dari daerah Gunung Agung yang berjalan, dan pada suatu waktu diceritakan berjalanlah pohon-pohon pala ini dari arah Gunung Agung ke salah satu tempat yang ada di Bali.

Namun pada perjalanannya, pohon-pohon pala tersebut berhenti dan tetapkan Sangeh, yang menjadi lokasi obyek wisata kini ini.

Pura Yang Ada Di Sangeh Monkey Forest Bali

Selain terdapat pala, di Sangeh Monkey Forest juga terdapat Pura peninggalan dari kurun ke-17 yaitu Pura Bukit Sari. Pura di Desa Sangeh ini ialah bukti yang mempunyai kaitan yang sangat besar lengan berkuasa dengan sejarah kejayaan kerajaan Mengwi pada masa itu.
Foto : balitoday.net
Dalam catatan sejarah Pura Bukit Sari yang berada di Sangeh Bali ini, di bangkit oleh anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti yang merupakan anak angkat Cokorda Sakti Blambangan.

Konon berdasarkan cerita, cikal bakal Pura Bukit Sari dikala anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti melaksanakan pertapaan atau biasa disebut "Rare".

Daya Tarik Obyek Wisata Sangeh Monkey Forest Bali

Sangeh Monkey Forest Bali mempunyai daya tarik yang begitu unik, alasannya ialah terdapat banyak monyet yang menjadi habitatnya. Di dalam area yang luas ini mempunyai dongeng sejarah atau mitos yaitu Pohon Lanang Wadon, sebuah nama yang diberikan untuk pohon pala besar yang pada batangnya jikalau diperhatikan dengan seksama akan terlihat ibarat bentuk kelamin laki-laki dan wanita.
Foto : bukit-sari-sangeh.com
Oleh alasannya ialah itu, pohon ini dijadikan simbol oleh warga sekitar sebagai pohon Lanang Wadon yang melambangkan laki-laki dan wanita.
Foto : wisatamurahbali.info
Terdapat pura yang disakralkan oleh umat Hindu yaitu Pura Melinting dan Pura Bukit Sari, dan terdapat ratusan ekor simpanse ekor panjang yang mempunyai tingkah laris yang lucu dan sanggup dibilang cukup jinak. Sedikitnya terdapat 600 ekor Kera Abu Ekor Panjang.

Untuk satwa fauna selain kera, juga terdapat setidaknya 22 jenis satwa lainnya ibarat burung elang, musang, burung hantu, terocok, sendanglawe, kucing hitam, dan masih banyak lagi.

Diyakini, monyet-monyet yang ada di Sangeh Monkey Forest Bali merupakan prajurit putri yang mempunyai bentuk koloni sendiri-sendiri, dan mempunyai pemimpin yang terbagi menjadi 3 kelompok Banjar yaitu bab timur, tengah, dan bab barat.
Foto : indonesi-tourism.com
Dan uniknya, dari waktu ke waktu terjadi persaingan diantara simpanse pejantan dalam memperebutkan untuk menjadi penguasa.

Untuk memperebutkan kekuasaan maka kelompok pemenang atau kelompok yang paling besar lengan berkuasa biasanya akan menempati wilayah Banjar tengah yang banyak menyimpan makanan.

Fasilitas Wisata Di Sangeh Monkey Forest Bali

Sangeh Monkey Forest ialah Objek Taman Wisata Alam (OTWA) yang menyediakan akomodasi guna memperlihatkan kenyamanan bagi para pengunjungnya.
Foto : bukit-sari-sangeh.com
Fasilitas yang disediakan oleh Sangeh Monkey Forest ini yaitu sentra layanan informasi, pos jaga, jasa foto, pemandu wisata, tempat penjualan souvenir, tempat kuliner, toilet, dan yang niscaya area parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk (HTM) & Jam Buka Sangeh Monkey Forest Bali

Bagi kau yang tertarik untuk berkunjung ke Objek Wisata Alam Sangeh Monkey Forest sanggup tiba pada jam operasionalnya, yakni mulai dari 17.30 - 18.00 WITA, dan dibuka setiap hari dari Senin sampai Minggu.

Sebelum menikmati keindahan pohon-pohon dan melihat monyet-monyet yang ada di Sangeh Monkey Forest Bali ini, kau perlu membayar tiket masuk. Adapun Tiket Masuk nya di bagia menjadi 2 bagian, untuk wisatawan domestik dan asing.

√ Tiket Masuk
  • Domestik : Rp 10.000/orang
  • Asing : Rp 20.000/orang

√ Tiket Parkir
  • Roda dua : Rp 2.000/motor
  • Roda empat : Rp 5.000/mobil

Alamat & Lokasi Sangeh Monkey Forest Bali


Post a Comment

0 Comments