Penyebab Dan Cara Penanganan Pertama Bagi Penderita Vertigo


Mengenal Penyebab Dan Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Penderita Vertigo



Pernahkan Anda mengalami sakit kepala sebelah atau virtigo? Jika terkena vertigo tentu saja sangat mengganggu aktifitas Anda, alasannya ialah Anda akan mengalami sakit pada cuilan kepala sebelah. Rasa sakit yang di timbulkan akhir vertigo ini berfariasi, tergantung berdasarkan tingkat keparahanya. Jika Anda mengalami vertigo berat, maka sanggup saja kehilangan kesadaran pada si penderita vertigo.

Gejala vertigo selain sakit pada kepala sebelah dan kepala terasa berputar-putar, ada beberapa tanda lain ibarat :

- Pergerakan bola mata yang tidak normal
- Hilangnya pendengaran
- Hilangnya kesadaran (vertigo tingkat berat)
- Mual
- Keringat dingin
- Penglihatan berbayang
- Badan terasa lemah
- Demam

Anda perlu juga mengetahui faktor resiko pada penderita vertigo, ibarat :

- Migran
- Stroke
- Diabetes
- Parkinson
- Tumor otak

Jika terkena vertigo sebaiknya segera melaksanakan pengobatan secara tepat. Langkah pertama yang harus dilakukan kalau terkena vertigo ialah :

Segera berbaring, letakan kepala di atas kasur dengan sudut 45 derajat. Letakan bantal di bawah bahu, tahan selama 30 detik.

Lakukan posisi sujud, masukan kepala ke dalam dada, sehingga kepala masuk/berada si antara sela-sela lutut. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Masih dalam keadaan sujud, lakukan putaran kepala ke cuilan indera pendengaran yang bermasalah (mengalami kuping berdengung). Jika cuilan kiri kepala yang sakit maka putar kepala ke cuilan kiri, begitu juga sebaliknya. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Jika sudah melaksanakan derma pertama pada ketika terjangkit vertigo, And masih mengalami sakit itu berarti Anda mengalami vertigo berat.

Jika kondisi ini berlangsung usang sebaiknya segera periksakan keadaan Anda ke dokter yang terdekat.

Biasanya vertigo terjadi pada usia 50 tahun ke atas, kebiasaan jelek ketika muda yang sanggup menjadikan terjadinya vertigo adalah, merokok, minum minuman beralkohol.

Vertigo sendiri terdiri dari dua macam vertigo, yang pertama adalah:

Verigo Sentral.

Terjadinya vertigo sentral desebabkan oleh terganggunya otak kecil atau disebut cerebellum. Cerebellum terhubung secara pribadi oleh sistem sumsum tulang belakang, yang berperan sebagai pengatur utama cuilan tubuh.

Vertigo Periferal.

Vertigo periferal ini terjadi akhir terganggunya cuilan dalam telingga. Padahal cuilan dalam indera pendengaran ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Nah kalau keseimbangan badan terganggu, yang berdekatan paa cuilan kepala, maka terjadi vertigo periferal.



Post a Comment

0 Comments