Pantai Lovina Bali - Gambar, Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Rute Menuju Lokasi

Pantai Lovina Bali - Pulau Bali memang terkenal akan keindahan formasi pantainya yang mempesona. Di Bali, wisatawan sanggup dengan menemukan banyak sekali acara wisata Watersport dan kegiatan menarik lainnya.

Salah satu kelebihan Pantai di Bali yaitu pasir putihnya yang begitu higienis dan halus, menyerupai Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pantai Sanur, Pantai Tanjung Benoa, dan masih banyak lagi.
Foto : rentalmobilbali.net
Berbeda dengan pantai pada umumnya di Bali yang berpasir putih, Pantai yang akan kita bahas kali ini mempunyai pemandangan yang eksotis dengan pasir hitamnya. Pantai ini berjulukan Pantai Lovina.

Tak sekedar hanya mempunyai daya tarik wisata alam, Pantai Lovina juga menunjukkan banyak sekali hal menarik yang menciptakan liburan kau semakin seru. Untuk tahu lebih lengkap wacana Pantai Lovina, kau harus simak ulasan berikut ini.


Daya Tarik Pantai Lovina Bali

Foto : travelbos.id
Pantai Lovina mempunyai pasir hitam yang eksotis dan lokasinya masih alami dan terjaga. Di areal Pantai terdapat banyak berjejer bahtera nelayan tradisional. Namun Daya Tarik utama dari Pantai Lovina bukan pada pantainya, melainkan acara melihat lumba-lumba di tengah laut.

Kawasan obyek wisata Pantai Lovina sangat terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Di Pantai Lovina terdapat ratusan lumba-lumba yang melompat menghiasi lautan. Untuk sanggup melihat atraksi lumba-lumba, kau harus berangkat ke tengah bahari sebelum matahari terbit. Biasanya, lumba-lumba akan bermunculan di permukaan bahari antara jam 6 hingga jam 8 pagi.

Perjalanan menuju ke tengah bahari di perairan Lovina sangat disukai wisatawan. Perairan bahari Lovina yang relatif tenang, sehingga sanggup dilewati dengan nyaman memakai bahtera nelayan.
Foto : bali.com
Kamu sanggup menjumpai lumba-lumba tersebut sekitar 1 Km dari bibir pantai. Ada yang melompat-lompat ke permukaan, dan ada juga yang sekedar berenang. Tentunya atraksi hewan bahari berwarna hitam yang satu ini sangat menarik untuk disaksikan.

Kamu yang berkunjung ke Pantai Lovina, sanggup menyewa bahtera tradisional nelayan yang khusus disediakan untuk wisata melihat lumba-lumba di tengah laut. Sambil menuju ke tengah bahari untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba, kau juga sanggup melihat perairan Lovina yang indah, tenang, dan alami.

Untuk durasi melihat pertunjukan lumba-lumba di perairan Lovina sekitar 2 jam. Nelayan akan mengantar kau ke tengah bahari dengan memakai bahtera tradisional nya ke tempat lumba-lumba sering bermunculan.

Selain sanggup melihat sanggup melihat pertunjukan lumba-lumba, di Pantai Lovina juga tersedia acara menyelam. Biota bahari di perairan Lovina jenisnya beraneka ragam dan tidak kalah dengan tempat menyelam di Bali yang lain.

Keistimewaan Pantai Lovina

Bicara mengenai destinasi wisata di Pulau Bali, daerah Singaraja Mungkin bukan yang pertama kali muncul dalam benak mu. Namun, tahukah kau bahwa Singaraja mempunyai potensi wasat yang cukup menarik? Ya Pantai Lovina ini lah salah satunya. 

Pantai ini kian terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan setiap tahunnya. Banyak hal yang menciptakan Pantai Lovina bisa menarik banyak wisatawan, diantaranya yaitu :

√ Atraksi Lumba-Lumba Liar Di Tengah Laut
Berwisata di Bali, kapan lagi kau bisa melihat atraksi lumba-lumba di habitatnya kalau bukan di Pantai Lovina? Ya, memang lumba-lumba inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Lovina. Disini, kawanan mamalia bahari yang sangat cerdas ini hidup dengan bebas. Lumba-lumba di Pantai Lovina telah dilindungi oleh peraturan pemerintah setempat, sehingga tak ada yang boleh menangkap atau menjualnya.
Foto : katalogwisata.com
Untuk bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba di tengah laut, kau harus menyewa bahtera khusus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Satu bahtera bisa menampung 4 - 5 orang, dengan biaya sekitar Rp 60.000 per orang. Nantinya, bahtera akan membawa kau ke arah lautan yang biasanya banyak bermunculan lumba-lumba.

Waktu idealnya, lumba-lumba di Pantai Lovina muncul ketika pagi hari, tepatnya sekitar 06.00 - 08.00 WITA. Oleh lantaran itu, kau wajib tiba sebelum jam tersebut supaya bisa melihat momen Istimewa yang jarang ditemukan di pantai daerah Bali lainnya. (Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Pantai Lovina yaitu ketika isu terkini kemarau, sekitar bulan April - Oktober).

√ Salah Satu Spot Sunrise Terbaik Di Bali
Berhubung harus tiba pagi buta untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba di Pantai Lovina, kau bisa sekalian memanfaatkan waktu untuk menikmati pemandangan bagus matahari terbit. Waktunya tidak jauh berbeda dengan jam kemunculan lumba-lumba, yakni sekitar pukul 05.30 - 06.00 WITA.
Foto : likedewatatour.com
Jadi, sebelum berlayar ke tengah laut, kau bisa bersantai terlebih dahulu di tepi Pantai Lovina untuk menunggu sunrise. Bahkan jikalau beruntung, bukan mustahil akan ada lumba-lumba yang muncul selagi matahari sedang berjalan naik ke timur. Selalu siapkan kamera didekat kau semoga bisa segera memotret momen indah tersebut.

Kegiatan & Aktivitas Seru Di Pantai Lovina

Menyaksikan atraksi lumba-lumba dari jarak yang cukup erat bukanlah satu-satunya acara seru yang bisa kau lakukan di Pantai Lovina. Masih ada hal menarik lainnya yang bisa kau coba di Pantai Lovina, berikut di antaranya:

√ Snorkeling Menikmati Keindahan Bawah Laut
Tidak hanya menyajikan atraksi lumba-lumba di permukaan laut, Pantai Lovina ternyata juga menyimpan keindahan bawah bahari yang patut kau saksikan secara langsung. Kamu bisa menjumpai banyak terumbu karang dan ikan hias warna-warni di dalamnya. Selagi langit masih cerah, kau harus coba acara ini sehabis menyaksikan lumba-lumba.
Foto : blog.traveloka.com
Jika memang tertarik untuk snorkeling di Pantai Lovina, kau tak perlu membawa peralatan sendiri lantaran sudah tersedia jasa sewa peralatan snorkeling. Kamu hanya perlu membayar sewa sekitar Rp 60.000. Harga yang cukup terjangkau, bukan ?

√ Memancing Ikan Di Tengah Laut
Selain snorkeling, kau bisa coba memancing di Pantai Lovina. Untuk melaksanakan acara seru ini, kau harus berlayar terlebih dahulu ke tengah bahari dengan menyewa bahtera yang telah di sediakan di Pantai Lovina. Apabila kau hendak memancing sendiri, kau bisa bergabung dengan rombongan lain yang ada di perahu. Idealnya, per orang akan dikenakan biaya sewa sekitar Rp 60.000 - Rp 100.000.
Foto : traveloka.com
Tapi, jikalau kau tiba bersama rombongan dan ingin memancing ikan bersama, kau bisa menyewa satu bahtera besar. Biasanya, harga sewa bahtera untuk rombongan akan lebih murah jikalau dibanding membayar per orang. Tiap bahtera biasanya hanya bisa mengangkut 4 - 5 orang.

√ Berjemur & Bersantai Di Pinggir Pantai
Pantai Lovina juga bisa menjadi destinasi sempurna bagi kau yang ingin membuang kepenatan. Berbeda dari kebanyakan pantai di Bali yang mempunyai pasir berwarna putih, Pantai Lovina tampak lebih eksotis dengan pasir hitamnya. Di atas pasir hitam inilah kau bisa menggelar tikar atau ganjal lain untuk bersantai, sekaligus piknik.
Foto : lelungan.net
Area pinggir pantai ini juga biasanya dipakai wisatawan sebagai tempat menunggu momen matahari terbit. Jangan lupa bawa bekal atau memesan masakan dari warung-warung terdekat. Dengan begitu, kau bisa bersantai dalam waktu usang di tepi Pantai Lovina tanpa khawatir akan kelaparan.

√ Melihat Pertunjukan Musik
Beberapa acara di Pantai Lovina juga bisa kau nikmati pada malam hari. Di sekitar pantai, terdapat banyak sekali tempat makan dan kafe yang sering dipakai para pengunjung untuk nongkrong hingga malam hari. Beberapa kafe biasanya menampilkan pertunjukan musik, sehingga suasana disekitar pantai pun lebih meriah.
Foto : blog.traveloka.com
Mengingat angin bahari berembus kencang ketika malam hari, pastikan badan kau tetap hangat selama berada di Pantai Lovina. Kamu bisa mengenakan pakaian yang cukup tebal, serta memesan masakan dan minuman panas untuk menghangatkan tubuh.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional

Tidak ada tiket masuk ke Pantai Lovina, hanya saja kau harus bayar sewa bahtera jikalau ingin mengikuti tur lumba-lumba. Selain itu, kau pun harus membayar sewa peralatan jikalau tidak mempunyai perlengkapan ketika ingin snorkeling.

√ Paket Lumba-Lumba

  • Dewasa : Rp 100.000/orang
  • Anak ²   : Rp 50.000/orang (3-7 Th)

√ Paket Lumba-Lumba + Snorkeling
  • Dewasa : Rp 200.000/orang
  • Anak²    : Rp 150.000/orang (3-7 Th)
Foto : piknikasik.com
Pantai Lovina tidak memberlakukan jam operasional resmi. Artinya, kau boleh tiba ke pantai ini kapan saja. Apabila sudah berniat untuk melihat lumba-lumba atau menyaksikan pemandangan indah matahari terbit, ada baiknya kau tiba ke Pantai Lovina sebelum jam 05.00 WITA supaya tidak ketinggalan momen Istimewa tersebut.

Alamat Lokasi Pantai Lovina

  • Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81152
  • 81 Km dari sentra Kota Denpasar
  • 93 Km dari Bandara Internasional Ngurah Rai
  • 78 Km dari Pelabuhan Gilimanuk

Akses Menuju Pantai Lovina

Kebanyakan orang yang berkunjung ke Pantai Lovina biasanya traveling ke Bali melalui jalur laut. Sebab, jaraknya cukup erat dari pelabuhan Gilimanuk, yakni sekitar 1 jam perjalanan. Apabila berangkat dari Denpasar, kau harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

Jika naik kendaraan pribadi dari Denpasar, kau bisa melewati beberapa objek wisata di Bedugul, Singaraja, kemudian hingga di Lovina. Sementara bagi yang menentukan naik transportasi umum, kau bisa berangkat dari Terminal Tegal menuju Terminal Ubung, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pantai Lovina.

Peta & Petunjuk Arah Menuju Pantai Lovina

Post a Comment

0 Comments