Harga Tiket Masuk Dan Gosip Wisata Lawang Sewu Semarang

Harga Tiket Masuk Dan Informasi Wisata Lawang Sewu - Sebagai Ibukota Jawa Tengah, Semarang selalu mempunyai caranya sendiri untuk menarik para wisatawan dari luar. Selain bandeng presto dan wingko tebang nya yang khas, yang menyebabkan alasan para wisatawan untuk tiba ke Semarang yakni adanya bangunan peninggalan Belanda yang berjulukan Lawang Sewu.
Pict By Instagram @misbah.muniir



Selain Tugu Muda, Lawang Sewu memang sudah menjadi icon nya kota Semarang. Jika sedang berkunjung ke Semarang, rasanya belum lengkap jikalau belum berkunjung ke Lawang Sewu.
Lawang Sewu sangat populer akan cerita-cerita mistisnya dan bangunan ini dinobatkan sebagai salah satu bangunan paling menakutkan se Asia.

Dari  megahnya bangunan Lawang Sewu serta ditambahnya aneka macam dongeng mistis yang beredar, ternyata itulah yang menyebabkan daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini sehingga mendapat perhatian khusus dari wisatawan, entah itu wisatawan lokal maupun dari luar.

Sejarah Singkat Serta Mengenal Lebih Dekat Tentang Lawang Sewu

Pict by Instagram @wildapohan
Disebut Lawang Sewu sebab bangunan ini mempunyai pintu yang banyak. Lawang berarti pintu dan Sewu artinya seribu. Sebenarnya jumlah aslinya tidak mencapai seribu, nemun hanya sebanyak 342 buah.

Dulu sebelum Lawang Sewu menjadi sebuah tempat wisata, tempat ini sempat menjadi tempat aneka macam bangunan pemerintah. Bahkan dulu sempat menjadi tempat markas PT. KAI yang sebelumnya digunakan sebagai kantor NIS ketika Belanda menjajah Indonesia.

Gedung renta ini juga menjadi saksi pertempuran antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang. Pertempuran terjadi sebab cowok AMKA ingin mengambil alih kereta api. Setidaknya, ada belasan cowok gugur dalam pertempuran ini, dan dimakamkan sempurna dihalaman gedung. Namun kini mayit para cowok tersebut sudah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan. Meski bangunan ini sudah berusia ratusan tahun, kemegahannya masih dapat kau nikmati hingga sekarang.

Menyaksikan kemegahan arsitektur klasik ini mempunyai sensasi tersendiri, apalagi ketika malam hari. Meskipun malam, pengunjung yang tiba tidaklah sedikit. Trotoar jalan tetap dipenuhi pengunjung yang duduk santai atau sekedar berfoto. Memasuki dalam gedung, sinar lampu dari gedung tersorot diantara gelapnya malam.

Saat ini jikalau kau berkunjung ke Lawang Sewu kau akan menemukan banyak sekali sejarah wacana perkembangan kereta di Indonesia. Dari kereta yang pertama kali ada di Indonesia hingga yang terakhir.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Lawang Sewu

1. Berfoto
Lawang Sewu memang merupakan sebuah museum serta bentuk bangunannya sangatlah klasik dan artistik. kau dapat memanfaatkannya untuk berfoto sebagai dokumentasi atau koleksi pribadimu. Sangat sayang sekali jikalau kau berkunjung ke suatu tempat bersejarah namun tidak berfoto disana.
Pict By Instagram @fadli_rahadian354
2. Belajar Sejarah Kereta Api Indonesia
Karena Lawang Sewu merupakan tempat yang bersejarah, disini kau dapat berguru sejarah khusunya perkembangan kereta Indonesia, mengetahui sejarah pembuatan kereta api dari yang pertama kali ada hingga sekarang. Berbagai macam miniatur gerbong dan lokomotif ada di sini dan akan menambah wawasan mu meskipun kau sedang liburan.

3. Sebagai Tempat Yang Romantis Bersama Pasangan
Lawang Sewu memang populer akan mistsinya dan telah di nobatkan sebagai salah satu bangunan paling menakutkan se Asia. Namun, Lawang Sewu juga merupakan tempat yang romantis jikalau ketika malam hari. Bangunan megah dengan arsitektur yang artistik serta lampu yang tersorot di dalam gelapnya malam menambah suasana romantis untuk para pengunjungnya.
Pict by Instagram @12kumayl
Selai dari yang di sebutkan di atas, kau juga dapat memanfaatkan bangunan Lawang Sewu untuk foto pre-wed. Spot foto terbaik untuk prewed adalah di aula utama, sebab dikelilingi oleh kaca-kaca yang menarik. Bahkan, pihak pengelola pun sudah mengatakan izin untuk foto-foto semacam ini. Jika kau ingin memakai halaman Lawang Sewu, kau harus menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu dan mungkin akan di kenakan biaya.

Harga Tiket Dan Jam Buka Obyek Wisata Lawang Sewu

Kamu dapat berkunjung ke Lawang Sewu kapanpun kau mau dari Senin - Minggu. Dan di buka mulai dari jam 07.00 - 21.00 WIB. Sebelum berkeliling ke gedung Lawang Sewu, kau harus membeli tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk masuk ke gedung atas dan harga tiket sebesar Rp 30.000 untuk masuk ke ruang bawah tanah beserta seorang guide.

Sedikit gosip bahwa yang menciptakan banyak pengunjung ingin tau yakni ruang bawah tanah dan pernah dilakukan program uji nyali dan Dunia Lain yang di tayangkan salah satu stasiun televisi Nasional.

Pihak pengelola juga menyewakan sepatu bot dan senter dengan harga Rp 10.000 bagi kau yang ingin masuk ke ruang bawah tanah.

Hal ini sebab lantai ruangan bawah tanah banyak sekali genangan airnya sehingga sepatu para pengunjung akan berair jikalau memasuki lorong tersebut. Selain itu, ruangan bawah tanah juga gelap gulita sehingga membutuhkan senter untuk sarana penerangannya.

NB : untuk pelajar dan bawah umur usia di bawah 12 tahun hanya dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang.
Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan dari pengelola terkait.

Lokasi Tempat Wisata Lawang Sewu

Lawang Sewu berada di lokasi yang cukup strategis, yakni di bundaran Tugu Muda yang tidak jauh dari sentra buah tangan khas Semarang dan kantor Balaikota Semarang. Tepatnya berada di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, 5132


Rute Menuju Lawang Sewu

1. Dari Stasiun Poncol Dan Stasiun Tawang
Kalau kau ke Semarang memakai kereta, maka kau akan berhenti dan turun di Stasiun Poncol atau Tawang. Setelah kau berada di salah satu stasiun tersebut, pergi ke pintu gerbang utama kemudian carilah BRT koridor IV ke arah Cangkiran. Jika sudah naik Bus Rapid Transit (BRT), turun di Balaikota dan kau perlu untuk berjalan sekitar 100 meter ke arah selatan dari Balaikota.

2. Dari Bandara Ahmad Yani
Kalau kau menentukan untuk tiba ke Semarang memakai pesawat, maka pilih penerbangan ke Bandara Ahmad Yani Semarang dengan isyarat Bandara (SRG). Setelah hingga di bandara Ahmad Yani, kau dapat naik BRT koridor IV arah stasiun Tawang, tapi kau tidak perlu hingga ke stasiun Tawang nya, cukup berhenti dan turun di halte pasar Bulu. Kemudian, kau tinggal naik angkot yang berwarna orange jurusan karangayu dan kau dapat turun persis di depan Lawang Sewu.



Kalau kau ingin lebih mudah dan tidak ribet, kau dapat memesan taksi atau transportasi online yang kini sudah banyak di jumpai di Semarang.

Hotel Atau Penginapan Di Dekat Lawang Sewu

Jika kau yang sedang berkunjung atau berlibur ke Semarang untuk beberapa hari dan ingin menginap di Kota Semarang, dibawah ini ada beberapa rujukan 5 hotel atau penginapan teratas dari saya yang tentunya bersahabat dengan Lawang Sewu. Makara jikalau kau ingin berkunjung ke Lawang Sewu tidak perlu jauh-jauh ;

1. Rooms Inc Hotel Pemuda
Hotel ini terletak sekitar 300 meter dari Tugu Muda, tepatnya di Jl. Pemuda, No. 150, Sekayu, Semarang. Rooms Inc Hotel Pemuda menampilkan dekorasi kayu yang apik, hotel ini juga mempunyai bar, restoran, dan teras di puncak gedung. Untuk jalan masuk WI-FI gratisnya tersedia di semua area.

Kamar-kamar nya modern dan minimalis serta dilengkapi dengan AC, TV satelit LED, dan kunci kamar pintar. Setiap kamar mempunyai kamar mandi langsung yang dilengkapi fasilitas perlengkapan mandi gratis dan shower.

Dari Lawang Sewu, Rooms Inc Hotel Pemuda hanya berjarak sekitar 200 meter, sedangkan Simpang Lima dengan Hotel ini berjarak sekitar 1,4 km.

2. Louis Kienne Hotel Pandanaran
Louis Kienne Hotel Pandanaran terletak Jl. Pandanaran, No 18, Semarang, sekitar 200 meter dari Lawang Sewu. Hotel ini mempunyai kolam di puncak gedung yang memperlihatkan pemandangan kota Semarang yang Indah. Kamu dapat menentukan bersantai di hot tub, atau berolahraga di sentra kebugaran.

Masing-masing kamar hotel ini dilengkapi dengan TV layar datar dengan saluran internasional, AC, WI-FI gratis di semua area hotel, serta tempat tidur yang higienis dan nyaman. Louis Kienne Hotel mempunyai kolam renang outdoor maupun indoor. Selain itu, hotel ini juga menyediakan layanan sewa kendaraan beroda empat dan layanan antar jemput bandara.

Jarak dari hotel hingga ke Lawang Sewu sekitar 200 meter dan 300 meter untuk Tugu Muda, sedangkan Paragon City Mall terletak sejauh 800 meter.

3. POP! Hotel Pemuda Semarang
Terletak di Jl. Simpang, No. 9, Sekayu, Semarang Tengah, kota Semarang. POP! Hotel memperlihatkan kamar-kamar dengan AC dan jalan masuk Wi-Fi gratis. Semua kamar mempunyai meja, TV layar datar dengan saluran satelit dan kamar mandi pribadi.

Terletak sekitar 200 meter dari Lawang Sewu dan 300 meter dari Tugu Muda. Sedangkan untuk Paragon City Mall berjarak sekitar 700 meter dari POP! Hotel.

4. Amaris Hotel Pemuda Semarang
Beralamat di Jl. Pemuda 138, China Town, Semarang. Hotel ini terletak di bersahabat tempat sentra bisnis, hanya membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki dari Tugu Muda.

Hotel ini memperlihatkan sebuah restoran, kamar-kamar dengan TV layar datar, dan Wi-Fi gratis.
Setiap kamarnya ber-AC serta menampilkan warna-warna yang hening dan lantai kayu keras. Fasilitas shower air panas dan perlengkapan mandi tersedia di kamar mandi en suite.

5. PO Hotel
Berlokasi di Jl. Pemuda No 118. Semarang, Jawa Tengah. PO Hotel menyediakan kemudahan glamor dengan kolam renang dalam ruangan, sentra kebugaran modern, serta kamar elegan dan modern dengan TV LED layar datar dan pemandangan kota di Semarang tepatnya di samping Paragon City Mall, sentra pembelanjaan terbesar di Jawa Tengah, serta 5 menit berkendara dari Lawang Sewu.

Semua kamarnya yang luas dilengkapi dengan AC, mini bar, lemari pakaian, brankas pribadi, kamar mandi langsung dengan kolam mandi dan pancuran, iPod dock dan juga ketel listrik.


Itulah sedikit gosip dari saya wacana obyek wisata Lawang Sewu beserta hotel atau penginapan didekatnya.
Walaupun Lawang Sewu populer akan mistisnya, namun bangunan nya yang klasik dan unik mengatakan kesan tersendiri untuk pengunjung yang membawa pasangannya.
Terimakasih sudah berkunjung di blog . Apabila ada kata atau penulisan yang salah, saya sebagai admin blog ini mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga liburan mu menyenangkan yaaa.

Jangan Tinggalkan Apapun, Kecuali Jejak
Selamat Liburan
Happy Travelling 

Post a Comment

0 Comments