15 Gambar, Harga Tiket Dan Lokasi Pemandian Air Panas Gonoharjo, Nglimut, Semarang, Terbaru


Harga Tiket Dan Lokasi Pemandian Air Panas Gonoharjo, Nglimut - Taukah Kamu manfaat baik dari mandi dengan pemandian air panas ?
Tentu banyak sekali ya, apalagi pemandian air panas itu alami serta mengandung belerang. Banyak manfaat kasatmata yang didapatkan antara lain melancarkan peredaran darah, menghilangkan stress, meredakan demam, dan masih banyak lagi.

Di Semarang, ada satu tempat wisata favorit yang menyediakan pemandian air panas dari sulfur tersebut. Objek wisata tersebut berada di Nglimut Semarang yaitu Pemandian Air Panas Gonoharjo.




Nglimut yakni salah satu destinasi wisata yang berada di lereng gunung Ungaran yang sayang sekali kalau Kamu lewatkan begitu saja. Karena pemandangan dan panorama alam yang ada di sana sangat eksotis ditambah lagi udara nya yang sangat sejuk dan bebas polusi.

Wisata pemandian air panas Gonoharjo merupakan tempat wisata yang selalu ramai dengan pengunjung dihari libur ataupun hari biasa. Tempat ini sangat indah dan bisa mengatakan sensasi yang berbeda.

Daya Tarik Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo Semarang

Sesuai dengan namanya, bahwa salah satu daya tarik dari wisata pemandian air panas Gonoharjo yakni terdapat kolam air panas yang mengandung belerang. Air sulfur sendiri dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit, dan menciptakan relaksasi. Ada juga kolam air masbodoh yang letaknya tidak jauh dari kolam air panas. Jadi, bagi Kamu yang tidak suka dengan panasnya air belerang, bisa berenang di kolam air dingin.

Dalam area pemandian air panas juga banyak terdapat permainan anak-anak, menyerupai : ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya. Permainan yang masih digemari belum dewasa tersebut dirawat dengan baik oleh pihak pengelola sehingga penampilan dan keamanannya tentu sangat terjaga. Jadi, tempat wisata pemandian air panas Gonoharjo merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.


Bagi Kamu foto hunter, di daerah wisata pemandian air panas Gonoharjo juga terdapat banyak spot foto yang tak bisa dianggap remeh. Nuansa yang masih alami ini terdapat banyak sekali jenis tumbuhan yang berwarna-warni. Selain spot foto yang alami, pengelola juga menyediakan spot foto dengan background settingan. Namun, spot foto settingan ini dikenakan biaya Rp 10.000. Terdapat juga beberapa penginapan unik menyerupai rumah panggung yang terlihat indah ketika di foto.

Fasilitas Yang Terdapat Di Pemandian Air Panas Gonoharjo

  • Parkir Luas - kalau Kamu berkunjung ke suatu tempat wisata, yang perlu diperhatikan yakni tempat parkirnya yang luas supaya lezat dan nyaman ketika mengistirahatkan kendaraan yang mengantarmu. Di tempat wisata pemandian air panas Gonoharjo Nglimut ini sudah tersedia area parkir yang cukup luas.
  • Musholla - Bagi Kamu yang beragama Muslim, di daerah wisata pemandian air panas Gonoharjo terdapat Musholla yang sudah disediakan oleh lihak pengelola. Makara ketika datang waktu untuk shollat, sebagai umat muslim harus bergegas minggalkan acara dan segera memenuhi panggilan Allah SWT.
  • Kolam Pemandian Air Panas - Tentunya kalau Kamu mengunjungi tempat wisata ini tak lain dan tak bukan yakni untuk berendam di air panas. Sesuai dengan namanya, tempat wisata pemandian air panas terdapat kolam air panas yang mengandung belerang.
  • Kolam Renang Air Dingin - Bagi Kamu yang tidak suka dengan panasnya air belerang, hening saja alasannya yakni disini juga terdapat kolam renang air masbodoh dengan pemandangan yang sangat eksotis serta udara yang cukup sejuk dan bebas polusi.
  • Kamar Mandi - Setelah puas berendam dan berenang di kolam pemandian air panas maupun kolam renang air dingin, tentunya Kamu ingin membilas tubuh supaya higienis kan. Di tempat wisata ini sudah tersedia kamar mandi yang bisa kau pilih, ada kamar mandi dengan air hangat dan ada juga kamar mandi dengan air dingin. Tenang saja, kamar mandinya higienis kok.
  • Kantin - Setelah berenang dan berbilas, tentunya perut Kamu niscaya lapar dong. Jangan khawatir, di tempat wisata pemandian air panas Gonoharjo juga terdapat kantin dan para yang menjajakan makanan. Makanan yang dijual pun di banderol dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Taman - Setelah kenyang dan puas bersantap ria, jangan pulang dulu. Karena tempat wisata ini terdapat taman yang tertata rapi dan indah. Disini tamannya ada 2, taman bermain untuk belum dewasa dan taman biasa pada umumnya. Di area taman juga terdapat kolam ikan yang bersih.
  • Gazebo - Jika Kamu lelah berjalan-jalan di taman, di area taman tersebut ada beberapa gazebo yang bisa Kamu gunakan untuk bersantai dan beristirahat sejenak guna melepas penat dan lelah sambil menikmati nuansa alam yang asri.
  • Ruang Aula - Tempat ini biasanya di gunakan untuk acara-acara pertemuan dan rapat. Ruang aula berada di area taman, tidak sulit kok untuk menemukannya.
  • Tempat Berkemah - Di Nglimut terdapat juga tempat untuk berkemah, biasanya disini dipakai untuk siswa-siswi dan pecinta alam yang bermalam disini.
  • Penginapan - Selain tempat untuk berkemah, di tempat wisata ini juga terdapat vila vila penginapan untuk Kamu yang ingin bermalam disini selain berkemah.
  • Air Terjun - Dan yang menjadi buruan favorit para wisatawan selain pemandian air panas yakni Air Terjun. Lokasi penderasan berbeda dengan lokasi taman, untuk menuju ke penderasan dari taman kau harus keluar terlebih dahulu, kemudian jalan kaki menuju ke atas. Setelah membeli tiket masuk ke air terjun, persiapkan diri Kamu untuk medan naik ditengah hutan. Dari pintu masuk menuju penderasan berjarak sekitar 2-3 km dengan jalan setapak. Ada 2 penderasan yang nanti akan Kamu jumpai, yang pertama air terjunnya tidak terlalu tinggi dan yang paling ujung merupakan penderasan yang paling tinggi dan menjadi buruan para wisatawan.


Kegiatan Seru Yang Dapat Dilakukan

1. Segarkan Diri Dengan Berenang Di Kolam Renang

Sebelum menuju ke air terjun, disini ada kolam renang dan pemandian air panas yang siap menyegarkan tubuh Kamu nih. Kedalaman kolam renang disini maksimal hingga 2 meter dan dipisahkan dengan tambang antara yang dangkal untuk dengan yang paling dalam.

Nah yang perlu kau catat nih, jangan kaget ya kalau Kamu berenang disini. Kenapa ? Karena airnya sangat masbodoh sekali, maklum saja alasannya yakni lokasinya yang berada di lereng gunung. Namun, kalau kau berenang pada siang hari ditengah teriknya matahari, dijamin seger banget deh berenang di kolam renang ini.

2. Hangatkan Tubuh Dengan Berendam Di Kolam Air Panas
Jika Kamu tidak tahan dengan dinginnya air dan udara di Nglimut, Kamu bisa berendam di kolam air panas yang air nya mengandung belerang. Lokasinya gak jauh kok dari kolam renang air dingin.

Di kolam ini, semua pengunjung bercampur antara belum dewasa dan orang dewasa, alasannya yakni kolam pemandian air panas ini tidak dalam, hanya sekitar setengah meter, itupun sudah yang paling dalam.

3. Tracking Menuju Air Terjun
Hal yang paling seri di daerah wisata Nglimut ini berdasarkan saya langsung yakni tracking atau berjalan menuju Air Terjun. Walaupun jarak antara penderasan dengan pintu masuk bisa dibilang cukup jauh dengan Medan yang terjal, namun selama kau dalam perjalanan menuju air terjun, saya jamin kau tidak akan mencicipi lelahnya berjalan. Karena selama perjalanan, Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat eksotis dan masih alami.

Selama perjalanan menuju ke air terjun, kau akan diiringi dengan bunyi serangga dan burung-burung liar yang saling bersahutan ditemani bunyi merdu pepohonan yang tertiup angin.

4. Berfoto-foto

Karena lokasinya yang berada di lereng gunung Ungaran, tentu saja sangat sayang sekali kalau dilewatkan tanpa mengabadikan momen terindah bersama keluarga.


Banyaknya spot-spot foto menarik baik itu spot foto alami atau spot foto settingan tentu akan menghiasi background fotomu.

Perjalanan Menuju Air Terjun

Untuk menuju ke air terjun, pertama tama Kamu akan melewati puluhan anak tangga dengan Medan yang menurun cukup lumayan. Setelah hingga di bawah, Kamu nanti akan melihat penderasan mini. Tapi, ini bukan penderasan yang kita maksud ya kawan. Perjalanan masih panjang. Selanjutnya, kau akan melanjutkan perjalanan dengan Medan datar, tak usang kemudian medan jalan berubah menanjak dengan bebatuan, pastikan kondisi tubuh mu cukup fit untuk menempuh perjalanan yang tidak gampang ini.

Setelah itu, Kamu akan hingga di tempat peristirahatan, disini banyak pondok-pondok yang disediakan pengelola untuk menjajakan banyak sekali kuliner dan minuman, kalau Kamu laper dan haus bisa nih jajan dulu disini kalau tadi lupa bawa bekal.

Selesai beristirahat, yuk perjalanan kita lanjutkan lagi dengan Medan tanah merah padat yang dikelilingi pohon kopi. Nanti Kamu juga akan menjumpai penderasan lain sehabis beberapa lama, penderasan ini tidak mengecewakan tinggi. Tapi ini bukan sasaran utama ya kawan.


Sementara istirahat dulu sejenak di penderasan ini. Air terjun ini terbilang unik lho, alasannya yakni ajaran airnya terbagi menjadi 2, sehingga tampak menyerupai penderasan kembar. Terlepas apa nama dari penderasan ini, yang terpenting keindahannya sangat menyejukan hati.

Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter, dan dikelilingi banyak sekali tumbuhan khas pegunungan. Perlu Kamu ketahui, tak sedikit para pengunjung yang sudah mengalah hingga sini dan tidak melanjutkan ke penderasan yang berikutnya. Padahal tanggung banget kalau cuma hingga sini saja, mendingan dilanjutkan saja hingga tuntas.


Oke deh, sehabis puas melihat dan menikmati keindahan penderasan yang pertama, lanjutkan perjalanan mu menuju ke sasaran utama (air terjun utama). Dari sini, perjalanannya memang masih cukup jauh, bahkan harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km. Bahkan Medan yang akan kau lalui lebih menantang dari pada penderasan yang pertama tadi. Jangan lupa bawa bekal yang cukup ya, soalnya diatas sudah tidak ada warung lagi.

Setelah kau lelah berjibaku dengan medan yang cukup menguras energi. Kini tibalah Kamu di sasaran yang ditunggu-tunggu, yaitu penderasan utama. Rasa lelah di kaki dan badanmu akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh penderasan ini. Air terjun yang kedua memang mengatakan pemandangan alam yang mempesona. Pasalnya, penderasan yang kedua ini mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter. Air yang jatuh dengan derasnya mengatakan kesegaran bagi semua objek yang ada di bawahnya.


Tapi, kamu perlu berhati-hati ketika berada di sekitar air terjun, alasannya yakni bebatuan yang ada disekitar penderasan ditumbuhi lumut yang sangat licin.

Harga Tiket Di Kawasan Wisata Gonoharjo Nglimut

1. Kolam Renang ( Dingin+Panas)
  • Dewasa : Rp 15.000 /orang
  • Anak-anak : Rp 10.000 /orang
2. Kawasan Air Terjun
  • Rp 10.000
3. Parkir
  • Rp 2.000
Dengan pemandangan yang ditawarkan cukup mempesona, tentu harga segitu merupakan nominal yang terbilang murah ya kawan.
Harga Tiket Bisa Berubah Sesuai Dengan Kebijakan Pihak Pengelola


Lokasi Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo Nglimut

Kawasan wisata pemandian air panas Gonoharjo berada di Nglimut, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, 51383

Rute Menuju Lokasi

1. Dari Arah Pusat Kota Semarang
Jika Kamu dari arah sentra kota Semarang ambil jalur Jerakah - Ngalyan - BSB - Mijen - Cangkiran - Nglimut (Gonoharjo)

2. Dari Arah Kota Kendal
Apabila Kamu dari arah Kota Kendal bisa lewati jalur Kaliwungu - Boja - Nglimut (Gonoharjo)

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti petunjuk arah atau maps dari google di bawah ini.



Jangan Tinggalkan Apapun Kecuali Jejak
 Selamat Berlibur
Happy Travelling

Post a Comment

0 Comments