15 Foto Umbul Ponggok Klaten - Harga Tiket Masuk + Paket, Alamat & Lokasi, Daya Tarik Wisata


Wisata Air Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah - Klaten memang kalah terkenal kalau dibandingkan dengan kota-kota tetangganya ibarat Solo, Karanganyar, dan Jogja. Karena memang di Klaten tidak terlalu banyak tempat wisata yang sanggup kita kunjungi.

Tetapi tunggu dulu, walaupun Klaten hanya mempunyai sedikit tempat wisata saja, tapi tempat wisata di Klaten sanggup di bilang keren-keren lho. Ada salah satu tempat wisata kece di Klaten yang juga menjadi ikon wisata Kota tersebut yaitu Umbul Ponggok.



Sejarah Umbul Ponggok Klaten

Sebelum membahas banyak mengenai tempat wisata ini alangkah baiknya kita mengetahui sejarah dari tempat wisata tersebut. Bagi warga Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, keberadaan Umbul Ponggok sanggup jadi merupakan sebuah legenda lantaran sumber mata air ini sudah difungsikan semenjak ratusan tahun yang lalu.

Menurut Catatan sejarah menurut bukti-bukti dan data-data yang ada, sekitar tahun 1920 Desa Ponggok merupakan daerah industri dan menjadi tempat berdirinya Suikerfabriek Ponggok atau Pabrik Gula Ponggok.
Tidak jauh dari Pabrik Gula Ponggok, terdapat pula beberapa pabrik gula yang lain, yaitu Suikerfabriek Karanganom, Suikerfabriek Tjokro Toeloeng, dan Suikerfabriek Delanggoe.

Ketika itu daerah disekitar Ponggok masuk ke dalam wilayah manajemen Kabupaten Ponggok dan banyak keluarga Belanda yang bertempat tinggal di daerah ini.

Karena sebagian besar karyawan yang menduduki jabatan sebagai manager, administratur, juru buku, dan beberapa posisi yang lain yakni warga Belanda.

Mereka bertempat tinggal di sebuah bangunan yang disebut loji dengan letak di sebelah utara Umbul Ponggok, sementara lokasi Suikerfabriek Ponggok berada di sebelah timur Umbul (sumber mata air).

Selama pabrik-pabrik gula beroperasi, Umbul Ponggok difungsikan sebagai water reservoir atau tempat penampungan air yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan operasional Suikerfabriek Ponggok dan Suikerfabriek Karanganom.

Disamping itu, sumber air Ponggok yang tidak pernah kering sepanjang waktu juga dimanfaatkan untuk mengairi areal perkebunan tebu yang terhampar di daerah Polanharjo, Karanganom, Ceper dan sekitarnya.

Sekitat tahun 1930-an, pabrik gula Ponggok tutup lantaran terjadi krisis ekonomi menyusul kebangkitan rakyat Indonesia yang ingin memperjuangkan kemerdekaan.

Pasca tutupnya pabrik, water reservoir pun beralih fungsi menjadi irigasi untuk mengairi perkebunan dan sawah warga. Hal tersebut berlangsung hingga kini sebelum balasannya fungsi tersebut bertambah menjadi objek pariwisata.

Disebut Umbul Ponggok, lantaran Umbul yang diambil dari istilah Jawa mempunyai arti sumber mata air, sedang Ponggok merujuk pada desa yang menjadi lokasi dari Umbul ini. Meroketnya nama Umbul Ponggok sebagai salah satu objek wisata, tidak lepas dari tugas Pemerintah Desa dan warga sekitar.

Karena merekalah yang berinovasi dan berkreasi, senja sumber mata air yang semula hanya berfungsi sebagai irigasi berkembang menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik dengan mengusung tema snorkeling dan underwater photos.
Hal itulah yang menciptakan bak alam ini jauh dari kesan angker, bahkan terkesan fun meski sudah berumur lebih dari satu abad. Tidak sedikit pengunjung yang menjuluki Umbul Ponggok dengan sebutan Bunaken Van Klaten.

Karena sensasi yang ditawarkan tempat wisata ini berupa jernih dan segarnya air serta indahnya pemandangan bawah air ibarat sedang menyelam di daerah perairan Bunaken. Tidak heran kalau dari waktu ke waktu para wisatawan yang berkunjung ke Umbul Ponggok terus mengalami peningkatan.

Di sepanjang tahun 2019 misalnya, rata-rata jumlah pengunjung pada hari-hari biasa, sebanyak 2000 orang, pada hari libur mencapai 3000 orang dan pada libur lebaran sanggup meningkat hingga 5 kali lipat.

Daya Tarik Umbul Ponggok Klaten

image source
Umbul Ponggok yakni sebuah bak renang berbentuk persegi yang sudah sangat terkenal di Klaten dan kota-kota terdekat, tak ibarat bak renang biasa, Umbul Ponggok menyajikan sebuah sensasi berenang yang cukup unik.

Dikelilingi hamparan persawahan dengan pepohonan rindang di sekitar bak alam, mengakibatkan suasana sejuk dan yang disuguhkan untuk pertama kali oleh Umbul Ponggok kepada pengunjung yang datang.

Baru sehabis itu, jernih dan segarnya air menjadi hidangan utama. Begitu jernihnya air yang ada di tempat ini, menciptakan dasar bak yang terdiri atas pasir, bebatuan, bahkan lumut yang ada di dasar bak sanggup dilihat dengan terperinci dari atas permukaan air.

Tidak hanya itu, ratusan bahkan mungkin ribuan ekor ikan dengan aneka macam bentuk, warna dan ukuran berenang kesana-kemari di dalam bak alam yang mempunyai ukuran 50 x 25 meter² dengan tingkat kedalaman antara 1,5 - 2,6 meter ini. Meskipun sumber mata air ini dipenuhi oleh aneka macam jenis ikan, soal kualitas air tidak perlu dikhawatirkan.
Bau wangi sedikit pun tidak akan tercium, lantaran air yang memenuhi seisi bak selalu gres disebabkan sumber mata air yang terus-menerus mengisi kolam, sementara air yang sebelumnya memenuhi bak dialirkan keluar untuk mengairi areal persawahan.

Sejuk, segar dan jernihnya air, menciptakan siapapun akan tergiur untuk sesegera mungkin menceburkan tubuh dan berenang menjelajahi luasnya bak alam Umbul Ponggok tersebut.

Untuk pengunjung yang tiba dengan membawa anak-anak, tidak perlu merasa khawatir, lantaran pihak pengelola sudah menyiapkan bak renang khusus untuk belum dewasa serta menciptakan fun belum dewasa dengan aneka macam wahana permainan.
Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang tidak ingin berbasah-basah, sanggup menyewa Perahu untuk dipakai berkeliling diseputar bak alam Umbul Ponggok.

Atau menyaksikan keceriaan pengunjung sambil menikmati secangkir kopi, teh maupun minuman lainnya nya ditemani aneka macam macam snack dan jajanan ringan di sebuah Cafe yang di tempatkan persis di pinggir bak Umbul Ponggok.

Karena itu, tidak salah kalau tempat rekreasi ini dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya di atas permukaan air saja pengunjung sanggup bersenang-senang, tapi juga di kedalaman air.
Jernihnya air dari sumber mata air yang tidak pernah berhenti mengisi luasnya kolam, menciptakan pengunjung sanggup melihat dengan sangat terperinci pasir dan bebatuan yang ada di dasar kolam, serta bermain bersama ikan-ikan.

Karena itulah tempat ini disediakan pula tempat penyewaan peralatan Power Dive (walker) untuk berjalan-jalan di bawah air serta peralatan snorkeling yang mencakup swimsuit, kaki katak, tabung oksigen dan googles.

Bagi mereka yang belum pernah melaksanakan acara snorkeling, tersedia bimbingan gratis dari pemilik tempat penyewaan peralatan snorkel.

Diantara aneka macam macam acara yang sanggup dinikmati pengunjung di Umbul Ponggok, salah satu yang menjadi favorit dan daya tarik dari tempat wisata ini yakni menciptakan foto di bawah permukaan air.

Berbekal kamera underwater, pengunjung sanggup berfoto ria dengan background ikan-ikan yang sedang berenang di sekeliling atau ditemani dengan aneka macam jenis properti. Seperti sepeda kayuh, sepeda motor dari aneka macam jenis, jet sky, tenda, becak, laptop, TV, set taman dan properti menarik lainnya.

Hasil dari foto-foto di bawah air tersebut, dipastikan akan unik dan menarik. Sehingga tidak saja pantas untuk disimpan dan dijadikan Kenangan, tapi juga dipamerkan di lini media sosial.

Bagi pengunjung yang ingin berfoto di bawah air, sanggup dilakukan dengan menggunakan kamera pribadi atau dengan menyewanya di rental kamera yang tersedia di lokasi wisata Umbul Ponggok Klaten.

Untuk yang menggunakan kamera pribadi, background yang tersedia hanya ikan-ikan dan jernihnya air di kedalaman kolam, lantaran aneka macam properti yang sanggup dijadikan latar belakang foto hanya diperuntukan untuk mereka yang memanfaatkan kamera sewaan.
Properti itu pun tidak dipinjamkan dengan gratis melainkan harus di sewa. Jadi, pengunjung harus membayar double, yaitu membayar tarif untuk sewa kamera dan tarif untuk sewa properti dengan harga yang bervariasi, tergantung dari jenis properti yang dipilih.

Fasilitas Yang Tersedia Di Umbul Ponggok Klaten

Untuk fasilitas-fasilitas yang lain, semuanya berbayar lantaran pengelolaannya tidak dilakukan tersentral melainkan dikelola secara pribadi oleh warga setempat.

Dengan sistem pengelolaan ibarat itu, sisi negatifnya menciptakan tempat wisata ini menjadi terkesan mahal, lantaran segala sesuatu harus ditebus dengan uang, Sedangkan untuk sisi positifnya semua akomodasi yang tersedia sangat representative lantaran dikelola secara profesional.
Diantara aneka macam akomodasi yang tersedia dan harus dibayar tersebut adalah: kamar mandi dan toilet, ruang ganti pakaian, Cafe serta warung-warung yang menjual aneka macam jenis makanan.

Satu-satunya akomodasi umum yang gratis hanya mushola, meski tidak ada salahnya nya bagi pengunjung untuk mengisi Kotak infaq yang tersedia.

Selain akomodasi umum tersebut, pengunjung yang ingin menyewa kamera underwater akan dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 per- 30 menit maksimal untuk 4 orang atau Rp 100.000 per- jam maksimal untuk 7 orang. Jika ingin menambah properti, maka akan dikenakan tarif lagi yang bervariasi.

Bagi pengunjung yang ingin jalan-jalan di air, tersedia paket power dive (walker) seharga Rp 150.000 sudah termasuk dokumentasi foto dan Rp 200.000 termasuk foto dan video.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

image source
Menghadirkan tempat rekreasi pemandian yang berbeda dari bak pemandian pada umumnya, harga tiket masuk (HTM) ke Umbul Ponggok terbilang murah, lantaran setiap pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang.

Hanya saja, harga tiket tersebut mudah hanya untuk sanggup mandi dan berenang di bak alami, bak belum dewasa serta menikmati arena permainan anak.

Beberapa Harga Paket Dan Sewa Property Di Umbul Ponggok

  • Sewa loker barang per unit : Rp 3.000
  • Sewa Snorkel Set : Rp 13.000
  • Sewa Pelampung : Rp 7.000
  • Sewa kaki katak : Rp 7.000
  • Sewa tempat untuk sesi pemotretan prewedding : Rp 300.000
  • Harga sewa kamera underwater : Rp 60.000 (setengah jam)
  • Harga sewa kamera underwater : Rp 100.000 (satu jam )
  • Sewa ban untuk berenang : Rp 5.000
  • Harga foto grup underwater untuk 7 orang : Rp 100.000 /jam
  • Persewaan property foto becak/motor/set love/ayunan: Rp 100.000
  • Persewaan property foto jet sky/ayunan double : Rp 150.000
  • Persewaan property foto tenda dan set dingklik : Rp 100.000
  • Persewaan property foto sepeda : Rp 30.000
  • Tarif parkir motor : Rp 2.000
  • Tarif parkir kendaraan beroda empat : Rp 4.000
  • Tarif ruang bilas : Rp 1.000
image source

Paket Jasa Foto Prewedding Di Umbul Ponggok Klaten

  • Paket Diving Umbul Ponggok termasuk dokumentasi, diving equipment, bimbingan sebelum menyelam : Rp 250.000
  • Paket Prewedding Full untuk waktu pemotretan 1 hari, termasuk 3 crew fotografer, 1 orang make up artis, biaya sewa tempat pemotretan, dan dokumentasi disimpan dalam CD juga di cetak. Untuk wardrobe ukuran custom menggunakan ukuran umum : Rp 3.000.000
  • Paket Prewedding Standar, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi : Rp 2.000.000
  • Paket Power Dive ( underwater walker ), termasuk dokumentasi foto dan video : Rp 200.000
  • Paket Kamera Underwater, untuk durasi 30 menit, maksimal untuk 4 orang : Rp 60.000
  • Paket Kamera Underwater, untuk durasi 1 jam maksimal untuk 7 orang : Rp 100.000
image source

Alamat & Lokasi Umbul Ponggok Klaten

  • Alamat : Jl. Delanggu - Polanharjo, Ds. Jeblogan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • 18 km dari Pusat Kota Klaten
  • 41 km dari Pusat Kota Yogyakarta
  • 26 km dari Pusat Kota Surakarta
  • 89 km dari Pusat Kota Semarang

Peta & Petunjuk Arah Menuju Umbul Ponggok Klaten

Post a Comment

0 Comments